Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Google
 
bantuantugasakhir.blogspot.com

Rabu, 02 April 2008

contoh PROPOSAL TUGAS AKHIR


PROPOSAL TUGAS AKHIR
APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DENGAN PERINTAH SQL
UNTUK PERHITUNGAN KREDIT UMUM PADA PD. BPR. BKK
MAYONG JEPARA


Di Susun Oleh :


NAMANIM
1. NUR BADRI 13060064
2. SULAIMAN13060069
3. RUDIYANTO13060070
4. ROBIKAN13060074


PROGRAM BEASISWA D3 TKJ
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
STIMIK AKI PATI
2008
PROPOSAL TUGAS AKHIR
APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DENGAN PERINTAH SQL
UNTUK PERHITUNGAN KREDIT UMUM PADA PD. BPR. BKK
MAYONG JEPARA


I.Latar Belakang
Sistem komputerisasi mulai merambah dalam dunia perekonomian khususnya dunia perbankan. Dunia perbankan menggunakan sistem komputerisasi untuk membantu melaksanakan kegiatan operasioanal. Selain itu juga mempermudah komunikasi antara lembaga keuangan dan pemerintah. Sehingga komunikasi diantara keduanya dapat dilakukan dengan cepat dan tidak terbatas dalam suatu wilayah. Bahkan sistem komputerisasi dapat melakukan komunikasi antara lembaga-lembaga keuangan di seluruh dunia.
Kegiatan utama bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat. Penghimpunan dana tersebut dalam bentuk tabungan, giro dan deposito sedangkan penyaluran dana dalam bentuk kredit. Sebagaian besar kegiatan penyaluran dana kepada masyarakat diberikan dalam bentuk kredit. Maka bank membutuhkan sebuah pengelolaan administrasi yang baik agar kredit tersebut dapat disalurkan kepada pihak yang membutuhkan. Bank-bank menggunakan komputer untuk membantu dalam perhitungan dan pengelolaan administrasi kredit. Sehingga dapat meningkatan konerja bank dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan bank. Komputer juga dapat membantu dalam pengolahan data. Semua informasi yang dibutuhkan disimpan ke dalam sebuah database yang kemudian dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Visual Basic merupakan salah satu program yang berdasarkan GUI (Graphical User Interface), sehingga tidak perlu membuat instruksi pemrograman dengan kode baris, cukup dengan pembuatan program yang berbasis objek. Visual Basic juga didukung oleh bahasa Basic yang dikenal mudah. Bahasa Basic merupakan bahasa yang mengandung pernyataan, fungsi dan keyword yang langsung terhubung dengan Windows.
PD. BPR BKK MAYONG JEPARA merupakan sebuah lembaga keuangan bank yang masih berbentuk Bank Perkreditan Rakyat. Pada BKK tersebut, sistem komputerisasi baru dimulai pada tahun 2000. Sehingga administrasi baru dapat dikelola dengan baik baru pada tahun tersebut. Sebelumnya, setiap transaksi dilakukan secara manual sehingga mangalami banyak kendala. Semakin bertambahnya jumlah nasabah dan tuntutan kemajuan teknologi, program yang digunakan harus diperbaharui karena tidak dapat lagi mengatasi masalah yang ada. Oleh karana itu, penulis mengambil judul “ APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DENGAN PERINTAH SQL UNTUK PERHITUNGAN KREDIT UMUM PADA PD. BPR. BKK MAYONG JEPARA ”.

II.Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah yang digunakan dalam sebuah pembahasan bertujuan agar dalam pembahasannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Penulisan Tugas Akhir ini dibatasi pada perhitungan administrasi kredit umum pada PD. BPR BKK MAYONG JEPARA meliputi perhitungan angsuran, bunga, biaya administrasi, biaya asuransi dan pelunasan kredit. Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0.

III.Tinjauan Pustaka

3.1. Pengertian Kredit
“Kredit didefinisikan sebagai penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian hasil keuntungan” (UU BI No.10 Tahun 1998).

3.2. Gambaran Umum Microsoft Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic 6.0 (VB6) adalah bahasa program yang bekerja dalam lingkup MS-Windows (M. Agus J. Alam, 2001:1). Microsoft Visual Basic berasal dari bahasa pemrograman yang populer yang disebut Basic (Beginner’s All Purpose Symbol Instruction Code) (Wahana Komputer, 2004:2). Bahasa Basic diperkenalkan pertama kali oleh Dartmouth College pada tahun 1960. Kemudian beberapa pengembang software mempopulerkan bahasa Basic dengan membuat berbagai macam aplikasi seperti GW-Basic, Qbasic dan Quick Basic. Visual Basic berbasis DOS untuk Windows diperkenalkan pada tahun 1991.
Visual Basic 6.0 memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Kelebihannya antara lain kompiler (proses compile) dapat dilakukan dengan cepat, mendukung kontrol data objek yang baru, mendukung berbagai macam database, pembuatan laporan yang lebih mudah dan mendukung pengaksesan terhadap internet.
Visual Basic 6.0 dapat menghasilkan tipe data yang dapat disesuaikan sendiri. Tipe data tersebut dapat berupa argumen dan properti. Dengan adanya fasilitas Native Code untuk mengkompilasikan source code, maka akan menghasilkan suatu aplikasi dengan waktu eksekusi lebih cepat.
Visual Basic 6.0 menyediakan tiga macam interface yang bisa digunakan untuk merancang aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Interface tersebut berupa MDI (Multi Document nterface), SDI (Single Document Interface) dan EDI (Exploler Document Interface). Modifikasi pada masing-masing bagian akan terasa lebih mudah. Fasilitas yang disediakan juga lebih lengkap sehingga bisa memenuhi selera programmer yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.

3.3. Fasilitas-fasilitas dalam Microsoft Visual Basic 6.0
3.3.1. Menu
Menu merupakan daftar perintah-perintah yang dikelompokkan dalam kriteria tertentu yang berfungsi untuk melaksanakan sebuah perintah. Visual Basic 6 terdapat tiga belas menu utama yaitu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-In, Windows dan Help.



3.3.2. Toolbar
Toolbar merupakan kumpulan tombol yang dapat melakukan sebuah perintah dengan cepat. Fungsi toolbar hampir sama dengan menu hanya toolbar berbentuk tombol-tombol yang susunannya tidak secara bertingkat. Contoh toolbar tersebut antara lain Add Form, Menu Editor, Save, Cut, Copy dan lain sebagainya.

3.3.3. Form
Form adalah tempat untuk meletakkan objek-objek yang digunakan untuk melaksanakan perintah yang diberikan. Pada bagian kanan atas form terdapat tombol Minimize, Maximize/Restore dan Close yang digunakan untuk mengatur tampilan jendela form.

3.3.4. Window Code
Window Code adalah jendela tempat menuliskan kode program. Semua kode perintah ditulis pada jendela ini. Pada bagian Window Code terdapat fasilitas kode editing yang cukup lengkap.

3.3.5. Toolbox
Toolbox adalah kumpulan objek yang digunakan untuk kontrol pada sebuah program. Toolbox terdiri atas beberapa tool yang kemudian ditempatkan pada sebuah form. Toolbox terdiri dari Pointer, Label, Image, Frame dan lain sebagainya.

3.3.6. Project Explorer
Project Explorer digunakan untuk melihat bagian-bagian proyek pembuatan aplikasi. Bagian-bagian tersebut dapat berupa project, form, data environment dan data report. Project Explorer ini berbentuk menu tree sehingga mempermudah dalam pengaksesannya. Pada jendela explorer terdapat tiga tombol kontrol tampilan antara lain Window Code untuk menampilkan kode, Window Project untuk menampilkan dalam bentuk visual dan Toggle Folder untuk pengelompokan jenis objek.
3.3.7. Windows Properties
Window Properties menampilkan semua properti dari obyek yang digunakan. Kita dapat mengubah setiap properti dari objek yang ada melalui jendela ini.

3.3.8. Windows Form Layout
Windows Form Layout digunakan untuk mengatur letak form pada layar monitor.

IV.TUJUAN DAN KEGUNAAN
4.1. Tujuan Penulisan
Penulisan Tugas Akhir ini mempunyai beberapa tujuan antara lain:
1.Untuk memenuhi syarat kelulusan Program Studi D 3 TKJ Jurusan Manajemen Informatika Politeknik STIMIK AKI PATI.
2.Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.
3.Diterapkannya sistem komputerisasi pada PD. BPR BKK MAYONG JEPARA.

4.2. Kegunaan Penulisan
Penulisan Tugas Akhir ini mempunyai beberapa kegunaan antara lain:
1. Bagi Penulis
Menambah wawasan dan pengalaman dalam pembuatan program aplikasi dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, khususnya mengenai perhitungan kredit pada sebuah BKK.

2. Bagi PD. BPR BKK MAYONG JEPARA
Merupakan bahan masukan yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan efektifitas kerja khususnya program aplikasi yang telah digunakan.

3. Bagi Politeknik STIMIK AKI PATI
Sebagai tambahan informasi dan referensi khususnya bagi mahasiswa yang akan menyusun Tugas Akhir.
V.Metodologi
Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Sedangkan kerangka teoritis adalah merupakan metode-metode ilmiah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini digunakan beberapa metode penelitian sebagai sarana untuk memahami objek masalah. Pemakaian metode harus dikerjakan secara cermat dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

5.1. Metode Pengumpulan Data
Di dalam penulisan Tugas Akhir ini dibutuhkan data-data pendukung yang diperoleh dengan suatu metode pengumpulan data yang relevan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data adalah sebagai berikut :

1) Observasi
“Obsevasi adalah suatu pengamatan langsung suatu objek yang akan diteliti dalam waktu singkat dan bertujuan untuk mendapat gambaran mengenai objek penelitian”. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung kegiatan pengelolaan biaya operasional.

2) Wawancara
Wawancara yaitu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kapada informan atau seorang autoritas (seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah).

3) Studi Pustaka
Dalam metode ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku yang mendukung, termasuk di dalamnya literatur tentang penulisan dan mengenai hal-hal yang mendukung pembuatan program aplikasi. Juga mempelajari dari sumber data yang lain seperti dari internet dan CD reverensi program.

5.2. Jenis Data
1) Jenis Data Menurut Sifatnya
a.Data kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan atau angka. Dalam proposal Tugas Akhir ini data kuantitatif yang digunakan adalah perhitungan kredit dan jumlah debitur.
b.Data kualitatif adalah data yang bentuknya bukan bilangan ataupun angka. Dalam proposal Tugas Akhir ini data kualitatif yang yang digunakan adalah data mengenai gambaran umum usaha dan struktur organisasi PD. BPR BKK MAYONG JEPARA.

2) Jenis Data Menurut Sumbernya
a.“Data primer adalah data yang deperoleh langsung dari sumber, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya” (Marzuki, 2000:55). Data primer disini merupakan hasil interview dan observasi langsung yang berupa tatacara pengelolaan kredit serta gambaran umum dan struktur organisasi PD. BPR BKK MAYONG JEPARA.
b.Menurut Marzuki dalam bukunya metodologi riset, data sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti, sehingga data sekunder telah melewati satu atau lebih pihak yang bukan peneliti. Data sekunder tersebut diperoleh dari studi pustaka terhadap beberapa buku-buku dan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai informasi tentang kredit dan teknik-teknik pemrograman.

5.3. Metode Perancangan Program
Metode ini ditempuh dengan beberapa tahap sebagai berikut.



5.3.1. Tahap Analisis Sistem
Tahap Analisis Sistem adalah sebuah tahap pengidentifikasian sebuah masalah secara jelas dan kemudian menentukan cara pemecahannya.

5.3.2. Tahap Design
Pada tahap ini programmer membuat rencana mekanisme program yang meliputi bentuk input dan output yang merupakan gambaran tentang data yang diproses dan informasi yang dihasilkan. Agar program yang disusun dapat terarah dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

5.3.3. Tahap Coding
Penyusunan program dilakukan dengan menggunakan bahasa yang sesuai. Pada tahap ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.

5.3.4. Tahap Debuging
Pada Debuging adalah tahap melakukan pencarian kesalahan-kesalahan program dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga program yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

5.3.5. Tahap Compilling
Pada tahap ini aplikasi yang telah dibuat, dikompilasi (Compile) untuk membuat sebuah file executable. File executable merupakan file yang berekstensi *.exe yang dapat berjalan sendiri tanpa menggunakan program induk seperti Microsoft Visual Basic.

5.3.6. Tahap Dokumentasi
Tahap terakhir ini adalah menuliskan petunjuk mengenai penggunaan program agar mudah dijalankan oleh pihak yang berkepentingan.



5.4. Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam menyusun Tugas Akhir ini adalah metode Deskripsi Ekspositoris yang merupakan gabungan dari metode deskripsi dan metode eksposisi. “Deskripsi adalah tulisan yang berisi pemerian (paparan uraian) tentang suatu objek sebagaimana adanya pada waktu tertentu”. Dalam Tugas Akhir ini metode deskripsi igunakan untuk menguraikan tentang gambaran umum perusahaan dan penggambaran proses
transaksi pencairan kredit pada PD. BPR BKK MAYONG JEPARA. “Eksposisi adalah tulisan yang menyajikan analisis mengenai suatu pokok masalah dengan mengutamakan penalaran dengan maksud agar pembaca mendapatkan pengetahuan baru secara benar”. Metode ini digunakan dalam pembuatan rancangan program untuk perhitungan kredit umum dengan menggunakan software program Microsoft Visual Basic 6.0 pada PD. BPR BKK Semarang Tengah.

VI. Sistematika Penulisan
Adapun dalam penulisan Tugas Akhir sistematika pembahasannya adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab pendahuluan akan dibahas latar belakang pengambilan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan kegunaan masalah, metodologi dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab kedua ini akan dibahas mengenai pengertian kredit, cara perhitungan kredit dan konsep dasar Visual Basic.




BAB III GAMBARAN UMUM
Dalam bab tiga ini akan dibahas mengenai gambaran umum BKK yang meliputi sejarah berdirinya BKK, struktur organisasi BKK dan tugas masing-masing bagian.

BAB IV PEMBAHASAN
Dalam bab empat, akan dijelaskan mengenai hasil analisis sistem dan perancangan program yang terdiri dari penjelasan tentang perancangan program, desain program dan rincian penggunaan program aplikasi.

BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir. 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Bank Indonesia. 1998.Undang-undang No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Jakarta: Bank Indonesia.
Gorys Keraf. 2001. Komposisi, Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende Flores:Penerbit Nusa Indah.
H.A. Mangkulo. 2004. Membuat Aplikasi Database Sistem Inventori dengan Visual Basic 6.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.
H. As. Mahmoeddin. 2002. Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Kok Yung. 2002. Membangun Database dengan Visual Basic 6.0 dan Perintah SQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE UII. Madcoms. 2002. Database Visual Basic 6.0 dengan Crystal Reports. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
M. A. J. Alam. 2000. Manajemen Database dengan Microsoft Visual Basic Versi 6.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.
____________. 2000. Microsoft Visual Basic Versi 6.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.
PD. BPR BKK Semarang Tengah. 2005. Profil PD. BPR Semarang Tengah. Semarang: PD. BPR BKK Semarang Tengah.

2 komentar:

adec mengatakan...

siang...
contoh proposal untuk TA nYa Lumayan bgs tU,,
ada gaK LangsuNg contoh design program nYa,bolEh gaK di upLoad ataU diLiatkan,,aQ pngen taHu n mW ngErtiin sesUai denGan isi pRoposal nYa..
tHanx....

Taopik Kurrohman mengatakan...

ada contoh proposal analisis sistem ga bro??